Seminar Keprofesian Oleh PT Pertamina dan BMKG Stasiun Kotabumi

Kamis, 4 Mei 2017 diadakan Seminar Keprofesian yang merupakan acara seminar yang diselenggarakan oleh Divisi  Keprofesian HMTG Mayapada 2016/2017. Seminarn ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Dies Natais HMTG Mayapada ke-4. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa Teknik Geofisika dan Geologi ITERA dari berbagai angkatan.

Pada acara ini, terdapat dua sesi. Sesi pertama dibawakan oleh Bapak Ir. Satoto Agustono, Direktur Pengembangan dan Pemasaran PT Pertamina Drilling Services Indonesia dengan tema “Mempersiapkan SDM Menyongsong Dunia Kerja Dari Aspek Kepemimpinan dan Pengalaman Profesional“. Pada sesi ini, Bapak Satoto mengajarkan bagaimana perkembangan dunia kedepan, belajar bagaimana memanagement diri serta membiasakan habit yang baik, serta motivasi selama menempuh pendidikan. Selain itu, disampaikan pula bagaimana relevansi pembelajaran kegeofisikaan dengan bidang keprofesian, khususnya di dunia migas dan non-migas.

Sesi kedua merupakan diskusi panel dengan moderator Agung Setiadi, S.T,MTI. selaku staff BMKG Stasiun Kotabumi. Tema yang disampaikan oleh Bapak Agus yaitu “Mempersiapkan Teknik Geofisika Untuk Menjawab Tantangan BMKG di Indonesia“. Beliau bercerita bagaimana perkembangan BMKG di Indonesia, khususnya pelayanan tanggap bencana yang harus diinfokan secara real time kepada masyarakat apabila mengadapi bencana kebumian.  Lebih lanjut, disampaikan pula berbagai tips praktis yang berguna bagi para peserta seminar untuk mempersiapkan diri menghadapi MEA yang akan dihadapi oleh para peserta seminar pada saat lulus nanti. Tampak antusiasme yang tinggi dari para peserta seminar, yang terlihat dari berbagai pertanyaan dan diskusi yang muncul selama sesi berlangsung yang cukup kecewa karena tidak mendapatkan kesempatan bertanya kepada kedua pembicara ini.

Diharapkan seminar yang dilakukan ini dapat membuka wawasan para peserta seminar, selain bagaimana kaitan ilmu-ilmu yang dipelajari di bangku kuliah dengan dunia kerja, serta membantu para peserta seminar mempersiapkan diri menghadapi persaingan kerja saat mereka lulus nanti.

 

Berikut video dokumentasi selama seminar keprofesian:

Tagged with:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *